Sabtu, 20 November 2010

Orientasi Singkat Mabigus Se-Buleleng

Singaraja, Revitalisasi Gerakan Pramuka melalui pemberdayaan Pramuka di Gugus Depan menjadi program utama Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng, sasaran awal yang dilakukan dengan mengelar Orientasi Singkat Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) untuk tahap pertama tingkat SMA/SMK di Kabupaten Buleleng.

Orientasi singkat kepramukaan, sabtu (20/11) yang melibatkan para Kepala SMA/SMK sebagai Mabigus itu digelar di SMA Negeri 1 Singaraja dan dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa yang juga Wakil Ketua Kwarcab Buleleng, hadir dalam kegiatan tersebut Kakwarcab Buleleng, Dewa Ketut Puspaka dan sejumlah Andalan Cabang serta Korp Pelatih yang tergabung dalam Pusdiklatcab Buleleng.


“orientasi singkat untuk para kepala sekolah sebagai mabigus ini untuk memberikan pengenalan dan wawasan keberadaan Gerakan Pramuka, khususnya Pramuka Penegak, sehingga kepala sekolah mampu meningkatkan peranan, fungsi dan tanggung jawabnya dalam mendukung perkembangan Pramuka di sekolah,’ ungkap Kadisdik Gede Suyasa.

Hal senada diungkapkan Kakwarcab Dewa Puspaka, dimana Orientasi Singkat dengan melibatkan para Mabigus tersebut akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan jenjang peserta didik dan dibagi dalam tiga wilayah,” ini merupakan program kerja kwartir didalam meningkatkan kwalitas dan kwantitas gerakan pramuka di Gugus Depan dan akan dilakukan secara bertahap dibagi menjadi dua jenjang dalam tiga wilayah,” paparnya.

Orientasi Singkat yang berlangsung selama dua hari tersebut diberikan berbagai materi kepramukaan termasuk sejumlah kegiatan di lapangan, sehingga dari pelaksanaan pengenalan kegiatan kepramukaan itu mampu mendorong para Kepala Sekolah untuk mengembangkan Kepramukaan di SMA/SMK. (k3)