Minggu, 14 November 2010

Buleleng Siap Ramaikan ‘Jamda’ Bali, Siapkan 60 Orang Penggalang

Singaraja, Kontingen Jambore Kwartir Cabang Buleleng siap ramaikan Jambore Daerah (Jamda) Bali Tahun 2010 yang bakal dilaksanakan Kwartir Daerah Bali di Buper Segara Mantra, Denpasar tanggal 11-14 Desember 2010 mendatang. Sebanyak 60 personil Pramuka Penggalang, telah digembleng sejak Sabtu (13/11) oleh tim yang dibentuk Kwartir Cabang Buleleng. Pasukan penggalang yang berasal dari 27 SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Buleleng, termasuk diantaranya Sekolah Satu Atap (SSA) Gerokgak, merupakan kontingen terbesar pada Jambore Daerah Bali yang mengisyaratkan kuota peserta hanya 40 orang.

Disela-sela persiapan Kontingen Jambore Kwartir Cabang Buleleng, Minggu (14/11), Ketua Panitia Penyelenggara Jambore Cabang Buleleng, Made Tingkat menyatakan Pramuka Buleleng siap ramaikan Jambore Daerah Bali Tahun 2010. Dikatakan, dari 601 peserta yang terdaftar sebagai peserta Jambore Cabang, telah diseleksi menjadi 60 orang.”Ke 60 Pramuka Penggalang inilah yang kita siapkan untuk mengikuti Jambore Daerah Bali,” jelas Tingkat yang juga menjabat Ketua Harian Kwartir Cabang Buleleng.

Sesuai petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan Jambore Daerah, lanjut Tingkat, seluruh kontingen Jambore Kwarcab Buleleng yang akan didampingi 10 pembina pendamping ini, bakal diberikan pembekalan maksimal dalam kurun waktu tiga minggu. Peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu mengikuti Jambore Daerah Bali yang mengagendakan berbagai macam bentuk kegiatan. Antara lain,  Kegiatan bersama; Petualangan ; Kreasi Diri; Pengetahuan dan Keterampilan; Bakti dan persaudaraan; serta Global Village.”Kita siapkan para peserta ini untuk dapat mengikuti kegiatan dimaksud,” terangnya.

Lantaran mendesak dan singkatnya waktu persiapan, kata Tingkat, tim bentukan Kwartir Cabang Buleleng telah membuat jadwal kegiatan sedemikian rupa, sehingga tidak mengganggu aktifitas akademis peserta.”Sebab dalam rentang waktu persiapan ini, merupakan waktunya bagi siswa mengikuti ujian semester. Ini yang menjadi pertimbangan esktra bagi kami dalam menyiapkan peserta,”tandas Tingkat sembari menyebutkan, pemberangkatan kontingen Kwartir Cabang ke Jambore Daerah Bali ditanggung secara bersama-sama oleh Kwartir Cabang Buleleng, Peserta, Sekolah atau gugus depan dan Kwartir Ranting. (k2)