Jumat, 05 November 2010

Jamcab VI Buleleng, Kegiatan Petualangan Hingga Wisata

Air Sanih, memasuki hari kedua pelaksanaan Jambore Cabang VI Kwarcab Buleleng di Bumi Perkemahan Bunda Maria Kawasan Air Sanih, Desa Bukti Kecamatan Kubutambahan, Pramuka Penggalang mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari aksi petualangan hingga berwisata. Kegiatan Jambore Cabang Buleleng di hari kedua mengelar ajang Petualangan, Bakti Masyarakat, Pengetahuan hingga Wisata serta pentas seni budaya yang diikuti 581 Pramuka Penggalang se-Kabupaten Buleleng yang bertujuan untuk menanamkan rasa kebersamaan dan persahatan serta persaudaraan di kalangan peserta dan menambah pengetahuan serta wawasan.

Ketua Bidang Kegiatan Operasional Jamcab Buleleng, Putu Edi Robin mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan dengan melibatkan ratusan pramuka penggalang itu dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing kelompok mengikuti kegiatan sesuai kartu kegiatan yang dipegang peserta, kecuali Pentas Seni Budaya.


“ada empat kegiatan yang kita bagi dalam kelompok khusus diantaranya kegiatan petualangan berupa renang dan outbond di Kompi Ban Yonif 900 Raider, kemudian kegiatan Bakti Masyarakat berupa pioneering dan permainan tradisional serta penambahan pengetahuan melalui kegiatan pembibitan dan penanganan sampah serta komunikasi radio dan informasi tekhnologi,” ungkap Edi Robin.


Selain itu, para peserta yang terbagi dalam empat kelompok juga melakukan wisata dengan menyasar Pura Ponjok Batu dan Pura Beji di Sangsit,” kita ingin mengenalkan lokasi wisata berupa pura yang memiliki nilai spiritual sekaligus merupakan peninggalan sejarah di Buleleng timur,” ujar Robin.


Pada malam harinya, peserta Jambore Cabang Buleleng melakukan pentas seni budaya dengan menampilkan berbagai atraksi seni budaya di Lapangan Utama kegiatan, menariknya atraksi para peserta tidak saja disaksikan oleh peserta sendiri, namun sejumlah masyarakat disekitar areal perkemahan juga terlibat mendapatkan hiburan.


Sebelumnya, kegiatan Jamcab VI Buleleng setelah dibuka Wakil Bupati Buleleng, Made Arga Pynatih dilanjutkan dengan kegiatan pertemuan tekhnik kemudian Temu Pembina dan pemutaran film rabies.


Menurut rencana, memasuki hari ketiga pelaksanaan Jambore Cabang VI Buleleng di Desa Bukti Kecamatan Kubutambahan kembali mengelar kegiatan Petualangan, Bakti Masyarakat, Pengetahuan hingga Wisata, hanya saja pada agenda hari ketiga kegiatan wisata akan menyasar Pura Gambur Anglayang dan Pura Penegil Darma serta kegiatan pengetahuan akan memperkenalkan materi Jurnalistik dan Filateli. (k3)